18 Juni 2009

Tim Baru, masalah Baru


Tim baru, masalah baru

Stelah lama menunggu hasil tim bru buat 2010, akhirnya tgl 12 juni diumumkan sudah ke-13 tim yang di terima oleh FIA. Selain 8 tim FOTA dan 2 mantan tim FOTA, ada 3 tim laen yang diterima, ada USF1, Campos-GP, and Manor-GP. Mungkin kalian2 ngira smua masalah slesai dengan sudah adanya daftar tim bru dan sluruh anggota FOTA diterima smua. TAPI, bukan masalah slesai, malah ada masalah bru skarang.

Dri 8 tim FOTA, ada 5 tim ( McLaren, Renault, BRAWN GP, Toyota, BMW Sauber ) yang masuk F1 dengan masalah. FIA mau mreka ngelepas smua gugatan2nya ato mreka akan di keluarin dri F1. lha, kalo mreka keluar, otomatis 3 tim FOTA laen yang ga bermasalah pasti ga trima and akhirnya ikut keluar dri F1……

Nah, kalo 3 tim FOTA laen ( FERRARI, Red-bull and Torro-Rosso ), masuk F1 tanpa masalah. Walau mreka juga punya banyak gugatan, tapi mreka beberapa thn yg lalu uda berkomitmen, akan truz ikut F1 sampe tahun 2012, makanya kao mreka mau mundur, FIA and FOM ( Formula One Management ) malah akan ngegugat mreka….

Nah, makin bingung khan? Skarang mnurutq kuncinya ada di 5 tim FOTA, kalo mreka tetep kayak skarang, ya siap2 aja buat nunggu akan adanya 2 seri F1. Khan kalo smua tim FOTA kluar dri F1, mreka ga akan takut untuk buat seri balapan bru yang siap buat nantangin F1! Buat nunjukin capa yg lebih hebat!

Mungkin ada beberapa fans F1 yang mikir lebih baik tim FOTA kluar aja, karma emg peraturan thn dpn bener2 ga menarik! Contohnya budget cap, itu khan merugikan tim2 besar! Masa tim kecil yang ikut, dan hanya hrs ngeluarin uang sebanyak USD40jt bisa bikin mobil seenaknya sedang tim kaya yg ga ikut, mobil hrs sangat dibatasi modelnya!

Emang kata FIA budget cap yang asli masih bisa di undur sampe thn 2011, tapi tetep aja thn ini akan ada budget cap walo dengan harga tinggi ( mungkin mencapai USD100jt ) dan tim kaya ga lagi di batasi, tapi hrs memberi bantuan pada tim kecil. Mungkin emg lebih baik, tp khan gmn dgn thn dpn? Pasti akan kembali ke rencana awal!

Ada juga peraturan, smua tim hrs pake mesin yang sama ( corsworth ) yanmg ntar bikin F1 makin mirip A1, and kmungkinan suatu saat ( pasti suatu saat ), mungkin bkn thn 2010, tp khan msh ada thn 2011 dan seterusnya, penilaian dgn sistem poin akan diganti menjadi sistem medali.

Untuk yang pertama mungkin ga terlalu bermasalah, emg apa bedanya? Plg Cuma lbh mudah overtaking. Nah, kalo yang kedua? Itu bru bagian yang ga menarik! Sistem poin jauh lebih menarik! Kalo aq ndiri ce lbh milih sistem poin, ga tau kalo kalian……

Nah, mungkin blm smua masalah aq sebutkan knapa bisa jd crita FOTA VS FIA yang uda nyebar kemana2. tp mnurutq, yg plg menonjol ya masalah budget cap itu. Karna ya emg peraturan itu yg rasanya plg merugikan tim dan fans. Maksudnya fansnya tim kaya kalo liat timnya kalah gara2 budget cap kan ga enak…..

Sebenarnya, niatnya FIA baik. Mreka pengen F1 lebih menarik, dan yg pasti membuat F1 lbh ‘murah’ di tengah krisis ekonomi. Dan dengan murahnya F1, itu bisa menarik minat tim bru buat ikut F1. tapi mungkin caranya yg kurang di senangi tim dan kebanyakan fans. Jadi karna itu jadilah crita FOTA VS FIA dan banyak fans yg mulai ngira FIA itu terlalu dan ga mikirin tim2 yang ada skarang.

Tp FOTA jg ga sepenuhnya bener, liat aja, mreka bisa ngehabiskan biaya sampe USD200jt. Itu bahkan blm termasuk gaji pembalap, teknisi dan laen2. Jd FIA juga ada benernya, mreka berusaha menekan biaya itu biar F1 ga terlalu gila dlm menghabiskan uang. Bahkan untuk tim kaya, ga tertutup kmungkinan mreka bisa pake lbh, jd pilihannya kembali ke fans, kalian memihak pada FOTA ato FIA.

Kalo buat aq ndiri aq jg ga tau. Sering aq benci FIA dan sangat dukung FOTA. Tapi kalo liat maksud FIA, kadang aq jg bs pindah ke kubu FIA walo pasti itu Cuma dlm jangka waktu bentar bgt sbelum akhirnya aq pst blk lg ke FOTA.

HUH……

Dan inget juga, Lha kalo sampe F1 terpecah, akan hlg smua masa kejayaan F1. karma fans F1 akan terpecah, ada yg emg fans F1, jd yg diliat tetep F1, tapi kalo dia bener2 fans tim ato pembalap yg ada di dalam FOTA? Dia bisa aja lebih milih seri bru milik FOTA dripada F1 yang asli. Lha kalo yg kayak aq, aq pasti tetep liat dua2nya. Karna aq fans F1 dan aq fans FERRARI. Mungkin ga sedikit juga yg kayak aq, yg akan truz liat dua2nya……

Tapi coba bayangin F1 tanpa tim2 papan atas bersaing di depan, kayak FERRARI, McLaren, BRAWN GP, Renault dan msh banyak lagi! F1 ga akan seru tanpa tim2 kayak mreka! Karna persaingan tim2 yg ada skarang lah yang akan slalu di tunggu semua fans F1 di seluruh dunia. Fans F1 mana yg ga tau BRAWN GP? FERRARI? Red-bull? McLaren? BMW?

Smua pasti nunggu persaingan tim2 papan atas, ya itu2 aja! Makanya tgl 19 juni, akan jadi hri bersejarah, apakah F1 akan tetep ada 13 nama tim sperti skarang ato akan brubah. Karna kalo tim FOTA kluar, otomatis mreka akan di gantikan ama tim bru laen yang tadinya ga di terima. Jadi bener2 jum’at besok akan sangat di tunggu smua fans, karna sperti yg aq blg td, ga smua fans kemauannya sama.

Tapi, mnurutq, ga akan ada 1 pun dri 8 tim FOTA yang pergi ninggalin F1. Karna aq ykn F1 ga ada apa2nya tanpa tim yg skarang, dan FIA ga akan sejahat itu juga! Jd buat fans yg pengen FOTA kluar mungkin hrs di tahan, tp aq jg ga janji. Mreka bisa pergi kpn aja dan bikin balapan bru kapan aja.

Dan pokoknya mnurutq skarang yg plg penting, crita FOTA VS FIA sgera berakhir. Karna dri dlu smua fans jg cuma nunggu, nunggu dan nunggu. Dan sampe skarang blm ada kepastian apa2, malah ada aja masalah bru yg mesti diselesaikan. Karna masalah ini emg mulai mencuat uda lama bgt, makanya aq mau blg kayak gitu….

Dan tgl 19 juni smua masalah ini akan slesai smua dgn persetujuan di smua pihak ( FOTA dan FIA ) , ato malah bisa kluar masalah bru stelah 8 tim FOTA benar2 aman di dlm daftar tim 2010. kan siapa yang tau? Smua itu bisa aja terjadi kan! Jd tunggu aja sampe akhir menit tgl 19 juni (24.00 / 00.00), karna bru sampai menit itulah, keputusan yg pasti bru kluar dan tersebar…….

Huh…..

0 komentar:

Posting Komentar

Hey... Thanks dah mampir...
Jangan Lupha comment dunk!!!